e-business

E-business adalah hubungan organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor, pemerintah dan media massa, juga
penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.

MODEL-MODEL BUSINESS

a. B2C (Business to Consumers) : hubungan antara individu-individu dengan organisasi-organisasi

Karakteristik :

• Antara organisasi dengan perorangan

• Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil

• Transaksi tidak sering terjadi

• Secara relatif sederhana

b. B2B (Business to Business): hubungan antara organisasi dengan organisasi lain

Karakteristik :

• Antar organisasi
• Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
• Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
• Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
• Lebih kompleks
c. B2G
d. B2E
PENGARUH-PENGARUH E-BUSINESS ATAS PROSES BISNIS
EDI (Electronic Data Interchange): protokol standar untuksecara elektronik mentransfer informasi antar-organisasi serta dalam berbagai proses bisnis
• EDI:
– Meningkatkan akurasi dan
– Mengurangi biaya
EDI telah ada sejak tahun 1970, namun hingga saat ini penggunaannya terutama terbatas pada perusahaan – perusahaan besar
FAKTOR – FAKTOR KEBERHASILAN E-BUSINESS
a.  Tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan
b. Kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis   apapun : Validitas, Integritas, dan Privasi
INFRASTRUKTUR  UNTUK E-BUSINESS
E-business untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya yaitu dengan membangun infrastruktur khususnya teknologi jaringan dan komunikasi :
Jaringan telekomunikasi untuk melakukan e-commerce dan untuk mengelola operasi internal:
1 Bagian yang dimiliki sendiri atau  leased oleh perusahaan
2 Internet : jaringan internasional komputer (dan jaringan-jaringan yang lebih kecil) yang saling berhubungan
a. LAN (Local area network) : sistem  komputer dan peralatan lainnya, seperti printer, yang lokasinya dekat antara satu dengan     lainnya
b. WAN (Wide area network) : mencakup wilayah geografis yang luas, dan seringkali global
– Intranet :  jaringan   internal yang menghubungkan ke internet utama
Intranet dapat dinavigasi dengan software browser yang sama dengan yang dipergunakan dalam internet, tetapi tidak dapat diakses oleh publik
– Ekstranet :  menghubungkan intranet dari dua atau lebih perusahaan
• Baik  Internet atau VAN dapat digunakan untuk menghubungkan perusahaan yang berbentuk ekstranet
• VAN (Value-added networks) lebih dapat diandalkan dan lebih aman dari pada internet, tetapi mereka (VAN) juga lebih mahal
Komunikasi Data Komponen-komponen Sistem (ada 5 komponen) :
1. Alat (tujuan)  pengiriman
2. Alat penghubung komunikasi
3. Saluran komunikasi
4. Alat penerimaan
5. Perangkat lunak komunikasi
Komponen – Komponen Model Komunikasi Data:
–Alat penghubung
–Perangkat lunak komunikasi
–Saluran komunikasi
6 Alat Penghubung Komunikasi Dasar yang digunakan dalam  Jaringan :
1. Kartu penghubung jaringan
2. Modems
3. Remote access devices
4. Hubs
5. Switches
6. Routers
sumber : gunadarma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: